galih suci pratama guru SD

Galih Suci Pratama, Jawab Tantangan Dunia Pendidikan di Saat Pandemi

Masih ingatkah kalian ketika pandemi hadir di Indonesia, yang diakibatkan oleh virus Covid-19 dimana memengaruhi segala sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan. Seluruh siswa dari Taman Kanak-Kanak sampai tingkat Perguruan Tinggi tiba-tiba harus belajar dari rumah menggunakan metode daring atau online, dimana pertemuan antara guru dan para murid hanya melalui aplikasi seperti Zoom atau Google Meet.

Tentu saja butuh adaptasi bagi para guru, murid bahkan orang tua murid untuk metode pembelajaran daring ini. Betapa tidak, ketika pandemi terjadi, hampir tidak ada yang namanya tatap muka dalam kegiatan belajar mengajar.

Namun ternyata apa yang menjadi kendala proses belajar mengajar bagi para guru ketika awal-awal pandemi terjadi, justru dijadikan peluang bagi seorang Galih Suci Pratama dalam usahanya untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia dengan caranya yang unik.

Galih Suci Pratama merupakan seorang guru yang mengajar di Semarang, Jawa Tengah tepatnya di SD Negeri Sekaran 02. Ketika melihat profilnya sekilas, saya takjub karena Galih merupakan guru yang masih berusia muda namun memiliki pemikiran yang revolusioner. Teknologi baru muncul di saat pandemi untuk menunjang system pembelajaran online, tentu menjadi tantangan bagi para guru tak terkecuali bagi Galih Suci Pratama.

Galih Suci Pratama merupakan salah satu penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards tahun 2020 yang masuk dalam kategori Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi Covid-19, tentunya menjadikan motivasi bagi para guru lainnya untuk lebih meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Adapun sumbangsih yang diberikan Galih Suci Pratama dalam dunia pendidikan adalah Pendidikan Menggunakan Youtube.

Mengenal Sosok Galih Suci Pratama, Guru Penggerak Kanal Pendidikan di Youtube

Galih Suci Pratama, seorang lulusan PGSD Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan berbagai prestasi yang telah dicapainya, sebut saja:

1. Juara 1 Lomba Olimpiade Guru Nasional Tingkat Kota Semarang pada tahun 2018
2. Juara 2 Nasional lomba Artikel Ilmiah Populer kategori feature pada tahun 2017
3. Pencipta Mars SD Negeri Sekaran 2 Semarang
4. Serta aktif sebagai penulis buku, juri lomba dan juga narasumber berbagai seminar

Sosok yang masih muda tidak menjadikan seorang Galih Suci Pratama kehabisan ide bagaimana membuat metode pembelajaran yang menarik bagi para siswa selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Awalnya Galih Suci Pratama melihat adanya kesulitan yang dirasakan oleh para siswa yang melakukan pembelajaran secara online. Salah satu faktor penyebabnya adalah biaya membeli kuota relative mahal di kala itu, sehingga sebagian guru lebih memilih untuk memberikan tugas kepada para siswa tanpa ada uraian mengenai materi sebelumnya.

Faktor lainnya adalah para guru yang masih beradaptasi dan merasa kesulitan ketika mempersiapkan materi pelajaran yang akan disampaikan secara daring kepada para siswa. Tentunya jika kesulitan guru ini dibiarkan secara terus menerus tanpa solusi, maka proses belajar mengajar akan sedikit terhambat dan tentunya transfer ilmu dari guru ke murid tidak efektif.

Pada bulan Maret 2020 akhirnya menjadi bulan yang penuh inisiatif bagi Galih Suci Pratama, dimana dia dan sejumlah rekan guru mengajak kerja sama bersama Dinas Pendidikan Kota Semarang. Kerja sama ini berupa pelatihan mengajar untuk para guru secara online menggunakan beberapa metode seperti Google Classroom, Video Conference, MS Sway (Aplikasi dari Microsoft Office untuk membuat serta berbagi laporan dan juga melakukan presentasi), dan pelatihan menggunakan Google Form.

Inovasi yang diciptakan oleh Galih Suci Pratama untuk SD Negeri Sekaran 2 Semarang adalah aplikasi ELSA (E-Learning SD Sekaran) yang dirintis sejak tahun 2020. Aplikasi tersebut merupakan Pengembangan Konten Youtube (PKY) pada saat terjadi proses pembejaran daring antara guru dan para siswa.

Fitur ELSA yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa antara lain:
1. E-book bagi para siswa
2. Soal-soal ulangan dan juga kuis yang bisa dikerjakan siswa secara online
3. Video pembelajaran yang bisa diajarkan guru kepada para siswa
4. Fitur lagu-lagu nasional maupun lagu daerah yang bisa diperlajari oleh para siswa

Konten pembelajaran daring di Youtube sendiri tentu tidak serta merta ada namun butuh proses yang berkesinambungan dari seluruh guru yang ada di Kota Semarang. Galih Suci Pratama memberikan materi bagaimana guru dapat membuat video pembelajaran mulai dari mengambil gambar sampai melakukan editing terhadap materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada pada siswa.

Galih Suci Pratama juga membuat konten materi belajar di kanal Youtube yang memberikan kemudahan para guru untuk menyampaikan materi pembelajaran secara online.

Penutup

Sebagai generasi muda, tidak sepatutnya kita mudah berputus asa terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat. Contohlah Galih Suci Pratama dimana beliau tidak putus asa manakala terjadi perubahan dalam sistem pembelajaran dalam pendidikan di Indonesia. Pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh guru di Indonesia harus beradaptasi dengan metode belajar mengajar secara online.

Semoga ke depannya dunia pendidikan akan lebih terwarnai dengan munculnya guru-guru lain seperti Galih Suci Pratama yang berinovasi dalam dunia pendidikan.

 

Referensi:
https://kumparan.com/kumparanbisnis/galih-suci-sosok-peraih-satu-indonesia-awards-inspirator-pemanfaatan-teknologi-1vpv0gfsKBE

https://jateng.tribunnews.com/2021/11/26/cerita-galih-suci-guru-sd-inspiratif-nasional-dari-semarang-hadirkan-elsa-ke-ruang-kelas

https://radarsemarang.jawapos.com/jateng/721388024/ciptakan-elsa-dan-pelopori-youtube-pembelajaran-sd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *