Penyebab Sariawan di Bibir Luar, Cegahlah Sebelum Muncul

Apakah ada di antara kalian yang pernah mengalami sariawan? Pastinya ada donk ya, mengingat sariawan merupakan penyakit yang lumrah dialami oleh manusia dan itu tidak terlalu berbahaya karena pengobatannya pun cukup mudah. Namun tentu saja ketika mengalami sariawan, kita akan tidak merasa nyaman karea terasa perih di bibir yang terkena bercak putih tersebut.

Sariawan merupakan luka kecil yang muncul di rongga mulut dan juga gusi. Biasanya luka kecil ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman kepada setiap orang yang mengalaminya. Rasa tidak nyaman itu dikarenakan rasa sakit dan perih yang kita rasakan apabila sariawan datang.

Ada beberapa penyebab seseorang terkena sariawan, misalnya saja:

  1. Kekurangan vitamin, terutama vitamin C
  2. Tidak sengaja tergigit lidah sehingga menyebabkan luka
  3. Alergi terhadap pasta gigi atau beberapa merk obat kumur atau mouthwash
  4. Terkena infeksi yang disebabkan oleh penyakit menular seksual
  5. Penggunaan kawat gigi yan tidak tepat, sehingga menimbulkan sariawan pada bagian tertentu di mulut.

Apabila mengalami sariawan di bibir luar, maka saran saya harus segera diobati. Hal ini dikarenakan selain menimbulkan rasa tidak nyaman, juga lama kelamaan akan berbahaya bagi kesehatan mulut kita.

Mengenal Sariawan di Bibir Luar

Jika sudah terserang sariawan, maka kita tidak perlu panik menghadapinya. Ada beberapa cara dalam mengobati sariawan agar segera sembuh. Berikut cara mengobati sariawan dari luar:

  • Menggunakan obat-obatan kimia yang dijual di Apotek
  • Berkumur dengan air garam
  • Oleskan madu, bagian yang terkena sariawan
  • Gunakan bahan-bahan alami yang bisa menyembuhkan sariawan seperti air perasan lemon, cuka sari apel dan kayu manis.

Selain itu juga kalian bisa mulai mengobati sariawan dari dalam, misalnya saja:

  • Minum air putih teratur sebanyak 2 liter setiap harinya. Kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan kulit bibir kering sehingga dapat menimbulkan iritasi. Iritasi inilah yang memicu sariawan muncul.
  • Konsumsi makanan, buah-buahan serta sayur yang tinggi dengan nutrisi dan serat. Seperti yang kita ketahui Vitamin C dapat mencegah timbulknya sariawan. Namun tidak hanya vitamin C saja yang menjadi faktor pencegah sariawan datang. Usahakan konsumsi makanan, buah dan sayur yang mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk daya tahan tubuh yang lebih baik.
  • Hindari makanan yang dapat membuat iritasi mulut dan juga bibir. Iritasi karena makanan pedas misalnya, dapat menyebabkan sariawan di bibir kalian.

Sariawan sendiri muncul tidak memandang tempat. Namun saya pernah mengalami sariawan di bibir luar dan hal tersebut sangat tidak nyaman bercak berwarna putih tersebut muncul di dalam rongga mulut. Sariawan di bibir luar dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya menggosok gigi terlalu kuat serta penggunaan gigi palsu yang kurang sesuai dengan struktur gigi.

Untuk menghindari sariawan yang dikarenakan penggunaan gigi palsu, maka sebaiknya kalian bisa pergi ke dokter gigi yang berkompeten dalam membuat gigi palsu. Jangan kunjungan orang yang tidak berkompeten di bidang pembuatan gigi palsu, karena hasilnya juga akan memengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Saran saya adalah mari mulai sejak dini kita menggunakan pasta gigi yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Gunakanlah pasti gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah sariawan timbul. Tidak pernah mengalami sariawan merupakan tanda sehatnya kondisi gigi dan mulut kita.

Apabila sariawan tak kunjung sembuh, maka sebaiknya kalian wajib memeriksakan diri ke dokter gigi. Hal ini dikhawatirkan bercak putih yang tadinya kalian kira sariawan ternyata merupakan penyakit serius seperti herpes misalnya.

Semoga bermanfaat.

Credit Photo: Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *