Manfaat Memiliki Akun Instagram

Siapa di antara kalian yang sampai saat ini belum memiliki akun media sosial Instagram? Jika tidak, maka saya bisa menyebut Anda terbilang unik dikarenakan tidak bermain media sosial. Instagram sendiri sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2014 kalau tidak salah. Namun saya sendiri baru menggunakan Instagram du tahun 2016, dikarenakan baru memiliki smartphone yang mendukung adanya aplikasi tersebut.

Sama halnya dengan Facebook, dimana media sosial ini lebih dulu, Instagram merupakan media sosial dimana dapat menjadi tempat kita mencurahkan segala isi hati, mengisi berbagai aktivitas keseharian agar dapat dilihat oleh follower dan sebagainya.

Instagram merupakan media sosial yang lebih menekankan pada permainan visual sehingga penggunanya seolah dituntut untuk menciptakan gambar yang estetik. Walau sebenarnya tidak juga sih, terbukti masih banyak gambar-gambar yang saya unggah di Instagram milik pribadi ada yang tidak presisi, ngeblur dan sebagainya. Memang, saya pribadi masih harus belajar teknik fotografi yang baik dan benar agar akun saya bisa berada di beranda pencarian orang lain. Tentu saja hal ini dapat memengaruhi engagement kita sebagai netizen donk.

Lalu apa saja sih manfaat memiliki akun Instagram? Berikut manfaatnya:

  • Berbagi Informasi

Segala sesuatu dalam hidup ini harus diambil nilai positifnya, termasuk memiliki akun media sosial. Salah satunya Instagram. Kalau mau ikut pengaruh negatif maka tidak akan ada habisnya. Ada orang yang tidak mau punya akun media sosial itu hak mereka. Kalau saya sih wajib punya akun Instagram agar bisa mendapat informasi lebih banyak lagi tentang segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini.

Selain itu pula, saya dapat membagikan informasi positif untuk para pengikut saya. Contohnya saya sedang diendorse produk penambah kebugaran tubuh saat berolahraga, maka setidaknya informasi produk ini dapat bermanfaat bagi para masyarakat yang senang berolahraga.

  • Menambah Koneksi dan Relasi

Tak jarang saya menemukan kawan lama yang telah lost contact hanya melalui akun media sosial mereka. Asal kita tahu nama lengkap kerabat yang ingin dicari keberadaannya, maka persoalan pun selesai. Tentunya saya menjadikan manfaat memiliki akun Instagram agar bisa bersilaturahmi dengan kerabat yang lama tak terdengar kabarnya.

Selain itu, teman baru pun harus dicari agar peluang positif juga makin banyak datang. Sebagai seorang blogger, saya ingin agar banyak peluang positif datang di hidup saya. Apalagi coba kalau tidak untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

  • Belajar Teknik Fotografi

Sebenarnya jika kita ingin belajar teknik fotografi bukan merupakan sebuah keharusnya. Namun sebagai manusia yang ingin belajar, ada kalanya saya ingin foto yang diunggah ke Instagram disukai oleh banyak orang terutama para follower. Tentunya ada usaha agar foto bernilai estetik yaitu belajar teknik fotografi.

Belajar teknik fotografi saat ini mudah sekali tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Kita bisa buka channel YouTube dan belajar dari para vlogger mengenai cara unggah foto berkualitas ke akun Instagram. Segala sesuatu bisa dipelajari, kuncinya adalah tidak malas dan mau meluangkan waktu.

Penutup

Tidak ada yang salah dengan memiliki media sosial. Yang salah apabila niat kita punya media sosial digunakan untuk perbuatan tercela, seperti menipu orang lain, mencari konten pornografi dan hal tak bermoral lainnya. Instagram merupakan media sosial yang bisa digunakan untuk mencari ilmu positif sebanyak-banyaknya.

Mau konten edukasi, parenting, pendidikan dan kesehatan pun bisa kita dapatkan di media sosial Instagram. Dan tentu saja tidak berbayar asalkan kita tahu konten seperti apa yang ingin dicari. Gunakan hashtag untuk mempermudah pencarian konten bermanfaat di Instagram.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar